Perbedaan Corel Draw versi X3, X4 dan X5


Sebenarnya tidak ada perbedaan yang mencolok antara tampilan Corel Draw X3 dengan Corel Draw X4. Namun untuk lebih memudahkan penggunaan Corel Draw dari versi X3 dan X4, maka dibawah ini ada beberapa perbedaan yang dapat kita bahas antara Aplikasi Corel Draw X3 dengan Corel Draw X4  :

  1. Pada saat loading application program Corel akan dijalankan, icon yang muncul pertama kali pada Corel X3 adalah binatang, sedangkan pada Corel X4 adalah balon udara.
  2. Pada Corel Draw X3 interfacenya masih kurang elegan jika dibandingkan dengan Corel Draw X4. Hal ini dapat dilihat warna tampilannya. Untuk Corel Draw X3 warna pada tampilan lebih berwarna silver gelap, sedangkan pada Corel Draw X4 warna silver terang.
  3. Beberapa tool yang terdapat pada Corel X3, di Corel X4 mengalami peningkatan tampilan dalam segi bentuk icon tool dan warna. Contohnya Smart Fill Tools, Interaktive Blend Tool, Fill Tool, Interactive Fill Tool. Dan pada saat kita menggunakan tool, icon tool  yang sedang kita gunakan (aktif) akan  menyala biru.
  4. Perbedaan lain dari Corel Draw X3 dan X4 adalah posisi palette warna. Pada Corel X3 hanya disediakan satu palette warna yaitu mode CMYK yang ada pada bagian sebelah kiri dengan posisi menurun. Sedangkan pada Corel Draw X4, terdapat 2 palette warna yaitu mode CMYK dan mode RGB. Untuk palette warna CMYK memiliki tempat yang sama dengan tempatnya pada Corel Versi X3, sedangkan untuk warna RGB terdapat pada bagian bawah dengan posisi mendatar. Dan pada kedua versi Corel ini, untuk mengaktifkan mode warna yang lain dapat  dicari melalui tab Option à palette warna à pilih palette warna yang di kehendaki.
  5. Dengan perbedaan ini, Corel X4 lebih mempermudah user dalam mengakses mode warna dalam mendesain. Namun dengan bertambahnya palette warna pada  interface menyebabkan tampilan Corel Draw X4 menjadi tidak praktis.
  6. Selain palette warna yang bertambah, tambahan lain pada Corel X4 yang tidak ada pada interface Corel X3 adalah Objek Manager, dimana letaknya sejajar dengan palette warna mode CMYK.
  7. Tidak berbeda dengan interface,  penambahan tool juga telah dilakukan pada Corel Draw X4. Pada Corel Draw X3 tidak terdapat tool yang dapat menciptakan tabel secara otomatis. Namun pada Corel Draw X4 telah ditambahkan tool baru yang berfungsi untuk menciptakan table yaitu Tabel Tool.
  8. Selain perbedaan dari segi tampilan, antara Corel Draw X3 dan X4 juga terdapat beberapa fitur berbeda yang siap digunakan dalam pembuatan desain. Antara lain : Fitur pembuatan kalender otomatis, dan  Fitur Konversi teks ke dalam tabel.

    Adapun perbedaan Corel Draw X4 dan Corel Draw X5 :

Di corel X5 terdapat fitur2 : 
  1. More speed dengan multi-core baru dukungan
  2. Lebih banyak konten yang kaya dan profesional template
  3. Lebih banyak sarana belajar, video tutorial dan tips pakar
  4. Lebih kompatibilitas, dengan dukungan untuk lebih dari 100 format file
  5. More color kontrol dan konsistensi
  6. Lebih Web kemampuan, termasuk dukungan animasi Flash
  7. Lebih banyak pilihan output for print, Web, digital dan banyak lagi tanda-tanda

Sedangkan Corel X4 Terdapat bebarapa fitur :
  1. Upgraded user interface
  2. Kemampuan untuk berbagi ide dengan rekan dan klien secara real time
  3. Solusi yang kuat untuk mengubah gambar raster ke vector graphics
  4. Memastikan warna maksimum yang sesuai aplikasi di Corel dan Microsoft
  5. Menyediakan aplikasi warna yang cocok di Corel dan Adobe
  6. Peningkatan integrasi dengan Windows Vista
  7. Changed dialog box "New from template"
  8. New, editable material baru
  9. Proses cepat layout dan mengedit teks
  10. Memformat teks secara real time
  11. Mirroring the text of paragraph
  12. Dukungan untuk file RAW
  13. Perata gambar
  14. Information in the form of histograms Informasi dalam bentuk histogram
  15. Advanced kotak dialog warna kurva
  16. Finished size page

Category: 1 komentar

1 komentar:

ikbal tea mengatakan...

mantap gan infonya..

izin copas yah.. buat tugas sekolah.. hehehe

Poskan Komentar